Cara Mengatasi Hp Oppo yang Selalu Masuk ColorOS Recovery

Antarmuka pada Smartphone Oppo, disebut Color OS. UI ini memiliki kelebihan, antara lain tampilan yang bagus, dan kaya fitur.

Apa itu Mode Pemulihan ColorOs?

Biasanya recovery mode di HP Oppo tidak hanya Oppo, tapi hampir semua HP Android digunakan untuk mengatasi masalah jika Android mengalami malfungsi pada kasus-kasus tertentu, sehingga mengakibatkan HP tidak selalu berjalan dengan lancar. Seperti dalam upaya root, pembaruan sistem gagal atau tidak selesai.

Namun sebenarnya ada fungsi lain yang sangat berguna, yaitu berguna untuk mematikan atau me-restart telepon, menghapus data, memeriksa disk, dan termasuk menginstal sistem jika diperlukan.

Cara Mengakses Recovery Mode Hp Oppo

Pada ponsel Oppo, membuka mode ColorOS Recovery dapat dilakukan saat ponsel dalam keadaan mati. Dengan menekan kombinasi tombol power dan volume bawah (down) secara bersamaan. Maka secara otomatis logo Oppo akan muncul dan akan masuk ke recovery mode.

Namun pernahkah sobat sebagai pengguna Hp Oppo mengalami hal yang aneh, dimana selalu masuk ke recovery mode.

Sebenarnya masuk ke halaman recovery mode tidak masalah, tapi disini masalahnya adalah ketika mencoba keluar dari mode tersebut, tidak lama kemudian kembali lagi ke color os recovery.

Untuk eror ini sendiri, ada beberapa tipe HP Oppo yang pernah mengalami hal serupa, seperti Oppo A37.

Ada berbagai macam hal yang bisa menjadi penyebab hal tersebut, namun disini kami akan memberikan 3 kemungkinan penyebab masalah ini dan kami juga akan memberikan solusi untuk sobat.

Dari penyebabnya, kami telah merangkumnya menjadi 3 poin sebagai berikut.

Penyebab Selalu Masuk ColorOs Recovery di Hp Oppo

  1. Kemungkinan pertama adalah masalah perangkat lunak sistem. Hal ini bisa disebabkan karena tidak menyelesaikan proses update, error saat mencoba membuka akses root, dan lain sebagainya.
  2. Untuk tebakan kedua adalah masalahnya terletak pada tombol fisik pada perangkat. Tapi sepertinya terletak di tombol Volume down. Kemungkinan kerusakan yang disebabkan oleh korsleting di dalam. Hal ini menyebabkan tombol volume menekan sendiri, dan ketika kita menekan tombol power akan menyebabkan ponsel mendeteksi input untuk membuka halaman recovery mode.
  3. Dan untuk yang ketiga disebabkan oleh faktor yang belum diketahui secara pasti penyebabnya.

Sekarang setelah kami mengetahui beberapa kemungkinan penyebab masalah yang selalu masuk ke halaman recovery mode, kami akan memberikan beberapa solusi berdasarkan kemungkinan penyebabnya.

Cara Mengatasi Selalu Masuk ColorOS Recovery Berdasarkan Faktor Software

Jika hal ini disebabkan oleh kesalahan pada software, untuk memperbaikinya dengan cara hard reset, factory reset, atau menginstal ulang firmware alias flashing ulang.

Perbedaan antara Hard reset, Factory reset dan Flash Reset:

Hard Reset: berarti mengembalikan pengaturan ponsel ke default pabrik melalui recovery mode pada ponsel.
Factory Reset: berarti kembali ke pengaturan pabrik melalui menu Pengaturan saat ponsel masih hidup.
Re-flash: berarti menginstal ulang perangkat lunak sistem dengan mengunduh firmware sesuai dengan jenis ponsel yang Anda gunakan. Dan nantinya akan melakukan install ulang firmware yang sudah anda download melalui recovery mode.

Nah karena factory reset sepertinya tidak mungkin, disini kita bisa melakukan hard reset. Metodenya adalah sebagai berikut.

  1. Langkah pertama adalah masuk ke mode pemulihan ColorOs (Tekan dan tahan Tombol Daya bersamaan dengan tombol Volume Turun).
  2. Jika sudah berhasil masuk ke recovery mode. Pilih opsi English/English, lalu pilih Wipe data.
  3. Pilih pada Wipe Data (simpan SMS, Kontak, dan Foto). Kemudian pilih OK
  4. Tunggu hingga proses selesai. Pada langkah ini, hard reset telah berhasil. Untuk mengaktifkan ponsel, pilih Reebot, lalu klik OK.
  5. Kita tunggu beberapa saat hingga proses booting selesai, biasanya tidak memakan waktu lama.

Sebelum melakukan hard reset, disarankan untuk melakukan backup data terlebih dahulu, karena takut data di ponsel akan hilang.

Cara Flash Ulang di Hp Oppo

Sedangkan untuk menginstal ulang sistem, kita perlu mendownload firmware terbaru sesuai dengan pabrikan ponsel dan seri ponsel yang Anda gunakan. Metodenya adalah sebagai berikut.

Awali dengan berdoa, lalu download firmware terbaru HP Oppo kamu, dan sesuaikan dengan seri atau tipe yang benar. Untuk menemukannya, Anda bisa mengunjungi situs resmi Oppo. http://www.oppo.com/id/downloads/

Selanjutnya jika firmware sudah berhasil di download silahkan pindahkan ke penyimpanan Micro SD, dan pastikan tidak diletakkan di folder alias di luar agar lebih mudah menemukannya.

Caranya Sebagai Berikut:

  1. Masuk ke Recovery Mode (tekan dan tahan tombol power dan volume bawah).
  2. Jika sudah berhasil masuk ke mode recovery Color Os, pilih English (English).
  3. Langkah selanjutnya adalah memilih Wipe cache and data.
  4. Untuk proses installasinya kalian tinggal pilih install dari sd card lalu cari saja firmware yang sudah kalian download tadi
  5. Tunggu hingga proses selesai, biasanya memakan waktu cukup lama.
  6. Setelah proses selesai, dan flash ulang telah berhasil dilakukan. Pilih Reboot untuk menghidupkan Hp Oppo.

Cara Memperbaiki Kerusakan Tombol Volume

Dan ternyata jika masalah tersebut bukan disebabkan oleh kegagalan pada sistem operasi. Jika masalahnya terletak pada tombol volume yang rusak, sehingga menekan sendiri meskipun tidak digunakan. Nah langkah untuk memperbaikinya adalah dengan melepas tombol volume bawah dan jika perlu anda bisa menggantinya dengan tombol volume yang baru.

  1. Langkah pertama buka casing smartphone Oppo terlebih dahulu.
  2. Lepas baut yang terpasang, disini kita buka pelindung pada komponen.
  3. Kemudian lepaskan baut pada komponen pertama.
  4. Jika baut sudah dilepas, maka kita ambil komponen pertama.
  5. Nah pada langkah kelima anda perlu berhati-hati dalam melakukannya, silahkan lepas flexible pada tombol volume.
  6. Pelepasan tombol volume selesai, setelah itu pasang semua baut yang sudah dilepas, lalu pasang kembali casing belakang pada hp Oppo.
  7. Langkah selanjutnya kita coba nyalakan kembali Hp Oppo.

Akhirnya hp oppo bisa di hidupkan kembali dan tidak masuk mode recovery colorOS lagi. Dan ternyata letak masalahnya karena kerusakan tombol volume bawah, mengakibatkan ponsel mendeteksi kombinasi tombol untuk mengakses recovery mode.

jika memang setelah melepas tombol volume, Hp Oppo bisa hidup kembali. Nah langkah selanjutnya anda bisa mengganti tombol volume dengan yang baru. Untuk mencari komponennya secara bersamaan dengan tombol volume fleksibel.

kalau sudah dicopot tentu kalian akan bingung, bukan bagaimana mengatur volumenya, jika ingin mengatur kenyaringannya. Solusinya adalah dengan menginstal aplikasi pengatur volume, baik itu gesture di layar atau tombol pengganti volume di ponsel. Namun jika tidak ingin ribet, Anda bisa menggantinya jika tombol volume ini memang sangat dibutuhkan.

Jika Anda ragu, dan takut untuk melakukannya sendiri, teman-teman, Anda dapat menggunakan layanan perbaikan di konter. Dan pastikan orang yang melakukan servis itu bisa dipercaya, dalam artian bisa menangani kerusakan seperti ini. Jadi perlu ditanyakan, mulai dari bagian mana yang rusak, berapa lama proses pengerjaannya, dan jangan lupa kisaran harga tarif yang dibutuhkan untuk persiapan lebih awal nantinya.

Jika tombol volume bawah sudah dilepas, dan tidak muncul lagi di mode recovery color os, berarti letak kerusakan terletak pada komponen pada tombol volume. Dan jika sudah di flash ulang, dan tidak terus masuk ke recovery mode, maka bisa disimpulkan letak masalahnya ada di sistem operasi yang gagal.

Itulah trik kami cara mengatasi mode recovery ColorOs yang selalu muncul di Hp Oppo. Nah, cukup sampai disini artikel dari kami ini. Jika ada hal yang kurang jelas, atau ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan bagikan pada kolom komentar di bawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *